......... Selamat Tahun Baru 2013, Semoga Kita Semakin Sukses .........

Senin, 08 April 2013

Dahlan Iskan terus bertekad cetak sawah





Dahlan Termangu, Kaki Telanjang Turun ke Sawah  

Dahlan Termangu, Kaki Telanjang Turun ke Sawah


TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, tak segan turun ke sawah untuk menanam padi. Dalam tulisan Manufacturing Hope 57, Senin, 24 Desember 2012, Dahlan sempat termangu sebelum menerjunkan kaki telanjang ke sawah yang siap ditanami itu.

"Waktu remaja, saya memang pernah menjadi buruh ndaut dan menanam padi. Tapi, tidak begini. Waktu itu, saya harus menanam padi dengan menggunakan tangan yang dicelupkan ke tanah lumpur sambil berjalan mundur dengan badan membungkuk," kata Dahlan.

Dahlan hadir dalam penanaman padi di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, pada Senin, 17 Desember 2012. Pengalaman menanam padi saat itu berbeda dengan Dahlan remaja. "Menanam padi dengan mesin! Baru sekali ini saya melihat dan memegang mesin penanam padi yang disebut rice transplanter itu."

Menurut Dahlan, mesin penanam padi itu sangat mudah dan cepat. Ia tak perlu belajar lama. Hanya dengan penjelasan beberapa kalimat, Dahlan bisa langsung menjalankan mesin itu.

BUMN mentargetkan bisa membuat sawah baru 100 ribu hektare pada 2014. Pada tahap pertama, penanaman mencapai 3.000 hektare. Pada 2013, BUMN mentargetkan bisa membuka 40 ribu hektare sawah. Kementerian BUMN siap menggelontorkan uang Ro 5 triliun untuk sawah baru tersebut. Dalam beberapa kesempatan, Dahlan mengungkapkan malu kalau terus-terusan impor beras.

Proyek penanaman sawah ini dipegang PT Sang Hyang Seri (SHS). Perusahaan pangan BUMN itu juga akan dibantu perusahaan lain seperti PT Batantekno, PT Pupuk Indonesia, PT Hutama Karya, PT Brantas Abipraya, PT Indra Karya, dan PT Yodya Karya. Dahlan menambahkan sejumlah perusahaan BUMN juga turut membantu pendanaan seperti Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, PGN, Pertamina, serta PT Indonesia Port Corporation (IPC).

YANDI MR

Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2012/12/24/090450150/Dahlan-Termangu-Kaki-Telanjang-Turun-ke-Sawah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar