......... Selamat Tahun Baru 2013, Semoga Kita Semakin Sukses .........

Senin, 31 Desember 2012

Dahlan Iskan: Beberapa perusahaan manja

Dahlan Iskan: Beberapa perusahaan manja

Oleh Nurbaiti

 
 
JAKARTA: Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara Dahlan Iskan membantah pencabutan pembatasan (capping) rekening listrik maksimum sebesar 18% dari rekening sebelumnya bagi pelanggan industri akan berdampak buruk terhadap sektor industri secara keseluruhan.

Pasalnya, kata dia, hanya beberapa pengusaha besar yang menentang pencabutan capping tarif listrik bagi pelanggan industri. “Mereka [beberapa pengusaha besar] sudah terlalu manja dan tidak menggunakan akal sehat. Mereka juga menyuarakan seolah-olah keseluruhan industri terkena dampak pencabutan capping ini, padahal hanya sebagian kecil,” ujar dia melalui keterangan pers, hari ini.

Dia menjelaskan hanya industri yang selama ini mendapatkan kemanjaan enak, berupa tarif listrik yang lebih murah dibandingkan dengan industri sejenis lainnya, yang menentang pencabutan capping.

“Mereka mau hanya industrinya saja yang hidup dan mengalahkan industri lainnya, serta membiarkan industri listrik kesulitan. Mereka minta terus dimanjakan dan dininabobokan. Saya akan lawan kemanjaan dan cara berpikir seperti ini.”

Bila beberapa industri beralasan pencabutan capping tarif listrik tersebut akan menurunkan daya saing mereka, kata dia, tentunya perlu dipertanyakan kenapa industri sejenis lainnya yang sudah membayar listrik tanpa capping tidak kalah bersaing.

Selama ini, imbuh dia, industri lain sejenis yang jumlahnya lebih banyak sudah membayar listrik dengan tarif yang normal. Dahlan juga mempertanyakan alasan klasik beberapa industri yang mengatakan momentum pencabutan capping tarif tersebut tidak tepat.

Dia mencontohkan ketika menjelang puasa, tahun ajaran baru, dan menjelang tahun baru disebutkan momentumnya tidak tepat. Bahkan, lanjut dia, pada musim hujan dan musim kemarau dikatakan momentumnya tidak tepat.

“Mungkin menjelang ulang tahun mereka pun, mereka katakan momentumnya tidak tepat. Bagaimana mungkin ada yang mengkaitkannya [pencabutan capping listrik] dengan harga cabe. Sangat tidak logis karena modal utama pengusaha itu harus berpikir logis.”

Menurut Dahlan, bila kemanjaan beberapa kalangan industri itu tidak segera dilawan, bukan hanya industri listrik yang tidak akan berkembang, tetapi bangsa ini juga tidak akan maju karena pada gilirannya keseluruhan perekonomian mengalami kesulitan.

“Saya menduga jangan-jangan daya saing ekonomi kita tidak bagus justru karena sikap mental manja pengusaha jenis ini. Saya akan lawan,” tegas Dahlan. (MSU)

Sumber : http://bisnis-jabar.com/index.php/berita/17126

Tidak ada komentar:

Posting Komentar